Preloader
Kantor HiQua

Barata Jaya XXI / 3A Surabaya, ID

mail@hiquasports-indonesia.com

Tips Memilih Raket Sesuai Kebutuhanmu, Agar Tak Salah Pilih!

Tips Memilih Raket Sesuai Kebutuhanmu, Agar Tak Salah Pilih!

Sebagai senjata utama dalam bermain bulu tangkis, pemilihan raket tentu tak bisa dianggap sepele. Tipe raket yang kita pilih sebaiknya selalu disesuaikan dengan kemampuan bermain. Berikut ini merupakan hal-hal yang patut dipertimbangkan ketika memilih raket yang paling cocok untuk kamu. 

Berat raket

Berat raket biasanya dinyatakan dengan huruf ‘U’: semakin kecil nomornya, semakin berat raketnya. Raket bulu tangkis yang baik memiliki berat sekitar 80 g sampai 100 g. 

Untuk pemula, raket dengan berat yang ringan adalah pilihan paling tepat. Raket yang punya berat antara 85 g sampai 89 g (3U) biasanya lebih mudah untuk dikendalikan. Raket yang ringan juga memungkinkan pukulan dan tangkisan yang cepat. Kamu bisa memberikan servis yang cepat dan beralih ke teknik pukulan yang berbeda dengan mudah. Raket yang ringan juga mengurangi risiko cedera karena tidak memberikan beban berlebih pada bahu dan lengan. 

Titik berat raket

Selain dilihat dari beratnya, raket juga bisa dikategorikan berdasarkan titik keseimbangannya, atau letak tumpuan berat raket tersebut. Untuk menentukan titik berat yang dimiliki suatu raket, coba letakkan satu jari sedikit di bawah kepala raket untuk melihat condong ke arah mana raket tersebut. 

Raket yang head-heavy atau lebih berat di bagian kepala dapat menambah kekuatan pada pukulan dan cocok digunakan untuk pemain  dengan power yang suka bermain di daerah belakang. Raket tipe ini merupakan raket yang tepat untuk digunakan dalam permainan rally yang panjang. 

Di sisi lain, raket head-light memiliki berat yang lebih kecil di bagian kepala raket. Makanya, raket ini sangat mudah untuk dikontrol dan merupakan jenis raket yang sering dipakai oleh pemain ganda yang membutuhkan gerakan yang cepat dalam menangkis smash dari lawan. Raket semacam ini jauh lebih mudah untuk diayunkan, sehingga mengurangi waktu reaksi. Raket head-light juga menawarkan kecepatan lebih untuk mencapai net dan memungkinkan kamu untuk bermain dengan bagus di daerah depan lapangan. 

Selain raket head-heavy dan head-light, ada satu jenis raket yang disebut even-balanced. Seperti namanya, raket even-balanced didesain untuk memberikan jalan tengah untuk kamu yang bingung memilih raket head-heavy atau head-light. Jika kamu belum yakin gaya bermain seperti apa yang kamu punya, raket even-balanced adalah raket yang paling cocok untuk kamu. Jika kamu baru mulai bermain, raket ini adalah pilihan yang tepat. Setelah kamu bisa menetapkan gaya bermainmu, kamu bisa ganti menggunakan raket head-heavy atau head-light untuk meningkatkan permainanmu. 

Tarikan senar

Uji tarikan senar raket dengan menekan telapak tangan ke senar. Lihat seberapa dalam lekukan pada senar raket tersebut. Kedalaman sebesar 1 mm merupakan tarikan senar raket yang ideal. 

Jika kamu cenderung menyalurkan kekuatan lebih pada pukulanmu, maka kamu butuh ketegangan yang lebih besar untuk senar raketmu. Untuk pemula, 22-23 lbs merupakan tarikan yang bagus. Ingat, standar tarikan bervariasi tergantung daerah tempat kamu tinggal karena suhu juga memengaruhi tarikan senar—tegangan raket yang lebih besar biasanya diperlukan untuk orang yang tinggal di daerah tropis karena senar cenderung memuai di tempat yang panas. 

Gagang raket

Ada dua jenis gagang raket: kain dan karet sintetis. Gagang kain lebih lembut dan bagus untuk menyerap keringat. Namun, hal ini membuatnya rentan menjadi sarang kuman dan bakteri. Dengan demikian, gagang kain butuh lebih sering diganti dibandingkan gagang karet sintetis. Di sisi lain, gagang karet sintetis lebih licin dan tidak berantakan. Namun, hal inilah yang membuatnya jadi kurang nyaman karena kurang bisa menyerap keringat. 

Selain dibedakan berdasarkan jenisnya, gagang raket juga dibedakan berdasarkan ukurannya. Kebanyakan gagang raket memiliki empat ukuran. Gagang yang lebih besar digunakan oleh pemain yang lebih suka genggaman yang lebih kencang untuk menghasilkan tenaga yang lebih besar juga, sedangkan pemain yang lebih suka menggunakan manuver dalam permainan mereka akan lebih memilih gagang yang lebih kecil karena memungkinkan kemampuan bermanuver yang lebih baik. 

Hi-Qua menyediakan berbagai jenis raket sesuai kebutuhanmu. Mulai dari raket dengan berat 5U sampai raket dengan tarikan senar 28 lbs. Kamu bisa langsung mengecek hiqua.id atau di Official Store Hi-Qua di seluruh marketplace kesayanganmu. Apapun jenis raket yang kamu mau, Hi-Qua siap memenuhi kebutuhanmu.